Langsung ke konten utama

Manfaat Bersepeda Sambil Menyusuri Jalan Pedesaan dan Jalur Wisata Alam



Bersepeda menyusuri pegunungan (foto Flo Marderebner/pexel

Bersepeda bagi sebagian penghobinya tidak hanya sekadar sarana berolah raga, namun berfungsi pula sebagai sarana refreshing. Badan lebih sehat, stamina terjaga dan pikiran lebih fresh. Salah satu menikmati hobi bersepeda dengan nilai tambah sebagai sarana refreshing yaitu dengan menyusuri jalur pedesaan. Bisa pula menyusuri jalur wisata alam.

Kelebihan bersepeda dibandingkan olah raga aerobik lainnya adalah mampu menempuh jarak dari belasan hingga puluhan kilometer. Kemampuan jarak tempuh ini membuat penghobi sepeda bisa lebih fleksibel menentukan waktu dan rute yang akan dilalui. Tidak jarang penghobi sepeda menargetkan rute menuju luar kota. Semisal bersepeda di jalan-jalan pedesaan maupun di jalur wisata. Tujuannya adalah bersepeda sembari menikmati pemandangan alam.

Sebagian besar kabupaten/kota di Indonesia tentunya memiliki tempat wisata favorit. Apalagi di era medsos seperti saat ini. Banyak tempat wisata baru bermunculan. Setidaknya wisata yang menjual panorama alam dan spot selfi. Penggagasnya tidak hanya pemerintah daerah atau swasta namun banyak pula yang tumbuh dan dikelola oleh pemerintah desa. Keberadaan tempat wisata ini setidaknya bisa untuk menentukan titik singgah ataupun titik tujuan saat bersepeda.

Setidaknya ada dua manfaat yang diperoleh bila bersepeda menyusuri jalan pedesaan maupun jalur wisata alam;

Bersepeda sembari menikmati alam (foto :Daniel Frank/pexel)

1. Kualitas Udara yang Masih Bagus


Sepeda merupakan olah raga aerobik. Sehingga bila kualitas udara yang dihirup rendah polutan tentu akan lebih baik. Semakin bersih kualitas udara akan semakin baik. Berbicara soal kualitas udara, alam pedesaan jamaknya memiliki kualitas udara yang lebih baik dibandingkan perkotaan. Maka tak heran banyak penghobi olah raga sepeda melakukan tour luar kota. Mereka menempuh jalur pedesaan menuju tempat wisata, seperti pantai atapun pegunungan. Bahkan tidak sedikit yang memiliki rute-rute favorit yang bisa dilalui untuk bersepeda rutin kala akhir pekan atau saat libur.

Biasanya para penghobi olahraga sepeda ini sudah mengayuh sepedanya sejak pagi hari sebelum matahari terbit. Sebab kualitas udara pada pagi hari ini biasanya relatif lebih bersih. Menuju pedesaan kualitas udaranya semain baik dan segar. Menghirup udara yang bersih ini akan memberikan efek menenenangkan pikiran.


2. Menikmati Panorama Alam


Alasan lainnya bersepeda di alam pedesaan adalah menikmati panorama alamnya. Seperti diketahui banyak orang yang refresing di akhir pekan menuju tempat wisata untuk melepas penat setelah aktivitas sepekan. Bersepeda menuju tempat wisata alam akan memperoleh dua hal. Olah raga sekaligus refreshing.

Beberapa tempat wisata pedesaan pun  sudah banyak yang menawarkan wisata bersepeda sembari menikmati alam pedesaan. Beberapa diantaranya wisata tilik desa di sekitar Borobudur Magelang. Wisata ini menawarkan panorama alam desa sekitar borobudur sembari bersepeda. Ada pula wisata di Sentolo Kulon Progo, Yogyakarta yang menawarkan kepada wisatawan berkeliling desa dengan sepeda tua. Di Bali ada Mountain Volcano Cycling Tour yang menawarkan indahnya Kintamani hingga Tampaksiring dengan bersepeda. (*)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menu Latihan Olahraga Bersepeda bagi Pemula

URBANSPORTI - Olahraga bersepeda boleh dibilang sederhana. Bila dilakukan secara rutin akan kuat dan mahir dengan sendirinya. Namun olahraga bersepeda pun banyak ragamnya. Tergantung kebutuhan dan medan yang dilalui. Ini yang menjadikan banyak ragam olahraga bersepeda. Dari sisi ini olahraga bersepeda tidak lagi sederhana.

Untuk itu penghobi bersepeda biasanya membentuk komunitas. Ini agar mereka bisa saling bertukar informasi tentang jenis sepeda, spare part dan tips bersepeda. Selain itu bisa gowes ramai-ramai. Berikut urbansporti menyajikan beberapa menu latihan bagi penghobi olahraga bersepeda jarak jauh.

Secara garis besar latihan bersepeda untuk melatih tiga hal. Meliputi latihan nggocek atau kecepatan kayuh (speed), latihan kekuatan kayuh (force) dan latihan daya tahan (endurance). Dan satu lagi latihan keseimbangan untuk medan yang off road seperti all mountain dan downhill.
1. Latihan Kecepatan Kayuh (speed)
Tidak semua orang yang memulai olahraga bersepeda, sebelumnya sudah …

Bersepeda Jarak Jauh, Cukup Setel Gear di Posisi Nyaman

Orang yang baru memulai hobi olah raga sepeda biasanya akan dihadapkan pada beberapa pertanyaan. Salah satunya adalah untuk bersepeda jarak jauh enaknya pakai gear di posisi besar atau di posisi kecil?. Tentu pertanyaan ini untuk sepeda dengan gear berjenis multi gear ataupun single chairning dengan multi sprocket (cassettes).

Seperti diketahui gear sepeda terdiri dari chairning (depan) dan sprocket (belakang) yang  dihubungkan dengan rantai. Sebagian sepeda dibantu dengan perangkat derailleur dan shifter untuk memindahkan gigi.

Pada sepeda multi gear, jika chairning disetel pada gigi besar maka kekuatan kayuh (force) yang dibutuhkan lebih besar. Namun laju sepeda lebih kencang.  Sebaliknya bila sprocket diset pada posisi lebih besar, maka butuh kekuatan atau daya dorong kaki yang lebih kecil namun laju sepeda lebih lambat. Dan sebaliknya.

Ada beragam kemungkinan kombinasi pemakaian gear pada sepeda. Tergantung jumlah chairning dan sprocket. Ada istilah 3x7, 3x9, 2x10 dan sebagainy…

Ini 8 Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan di Rumah Agar Tubuh Tetap Sehat

URBANSPORTI.COM - Olahraga teratur berfungsi memperlancar sistem metabolisme tubuh dan mengurangi tingkat stres. Menjalani olahraga teratur diharapkan pula kesehatan tubuh tetap terjaga. Meskipun beberapa hari terakhir, banyak warga Indonesia yang melakukan pekerjaan dari rumah, namun olahraga berikut ini masihbisa dilakukan. Gerakannya cukup ringan, tubuh berkeringat dan harapannya mampu mengusir kejenuhan. Urbansporti menyajikan delapan diantaranya;


1. Mulai Gerakan Peregangan Tubuh
Setiap melakukan olahraga upayakan selalu dimulai dari gerakan peregangan. Tidak hanya olahraga berat seperti angkat beban, angkat besi maupun sepak bolayang butuh peregangan. Olahraga sederhana seperti jalan kaki, lari maupun bersepeda pun membutuhkan gerakan peregangan. Gerakan ini berfungsi untukmeningkatkan fleksibilitas otot tubuh. Tujuannya untuk mencegah cedera. Gerakan peregangan juga berfungsi untuk memperlancar aliran darah.

Idealnya gerakan peregangan ini bisa dilakukan secara menyeluruh, mel…