Langsung ke konten utama

Mengenal 5 Merk Sepeda Lipat Berkualitas di Dunia


Sepeda Lipat (folding bike). (Foto: andrea piacquadio dari Pexels)

URBANSPORTI-Sepeda lipat (folding bike) sejatinya didesain untuk menjawab kebutuhan masyarakat urban. Dimana hunian kian terbatas yang memungkinkan dengan melipat sepeda menjadikan penyimpanan lebih praktis. Melipat sepeda maka bisa mengurangi volume penyimpanan dari setengah hingga nyaris sepertiganya. Dengan begitu akan lebih mudah saat menyimpan di dalam almari, di bawah meja kerja atapun membawanya masuk dalam lift bagi yang tinggal di apartemen. Sistem pelipatan juga akan memudahkan saat mengangkut dengan kendaraan seperti bus, kereta api ataupun mobil. Sebagai hobi dan gaya hidup, sepeda lipat tidak hanya mengedepankan fungsinya saja, namun juga prestise dan kenyamanan. 

Sejumlah produsen sepeda lipat pun banyak menyajikan sepeda lipat dengan desain yang bagus, simpel dan menarik serta menggunakan bahan terbaik, kuat, nyaman dipakai dan berbobot makin ringan. Ini menjadikan beberapa sepeda lipat berharga selangit. Kali ini Urbansporti akan mengulas merk sepeda lipat dari beberapa produsen kenamaan di dunia.

1. Sepeda Lipat Brompton

Sepeda lipat ini diproduksi oleh Brompton Bicycle, perusahaan sepeda dari Greenford, London, Inggris. Pendiri sekaligus perancangnya adalah Andrew Ritchie. Ia menamai merknya dengan Brompton karena saat mendesain sepeda tersebut di apartemennya, dia bisa melihat gedung Brompton Oratory, London.

Sepeda Lipat Brompton M6L

Sebenarnya desain sepeda lipat kreasinya sudah jadi pada tahun 1977 namun saat itu terlihat kaku. Namun lipatannya sudah sangat bagus. Desain ini kemudian dipatenkan pada tahun 1979. Seiring waktu ada beberapa perubahan variasi pada desain sepeda Brompton. 

Pada tahun 2009 Prince Philip Designers Prize memberikan penghargaan kepada Andrew Ritchie di bidang sepeda. Puncaknya di tahun 2011 sepeda Brompton laku laris di pasar global. Di Inggris Brompton memproduksi sekitar 40.000 unit setahun. 

Desain dan Tipe Stang

Sepeda lipat Brompton memiliki kerangka berbahan baja yang kuat. Sedangkan bagian garpu dan segitiga belakang berbahan titanium. Penggunaan dua material ini bertujuan agar selain kuat juga berfungsi agar Sepeda Brompton memiliki bobot ringan. Ini untuk menjamin agar mudah diangkat saat naik kereta listrik, mobil, lift bahkan menaiki tangga sebagai mana sifat sepeda lipat yang portable.

Desain kerangka sepeda Brompton berupa lengkungan terdiri dari tabung utama berengsel. Bagian poros belakang juga didesain bisa berputar. Selain itu garpu depan dan handle bar memiliki engsel. Sepeda lipat Brompton menggunakan roda berdiameter 16 inci dengan pelek berukuran 13,7 inci. 

BACA : Menu Latihan Olahraga Bersepeda bagi Pemula

Sepeda Brompton juga menawarkan beberapa tipe gear yang berbeda-beda untuk kebutuhan bersepeda yang beragam. Mulai dari speed 1 hingga speed 6. Misal gear dengan speed 1 artinya hanya satu percepatan atau tinggal mengayuh saja. Tidak ada mekanisme shifter dan draillure. Ada satu gear depan dan belakang. Sedangkan untuk speed 6 berarti ada 6 chainset di gear belakang.

Tipe Stang

Sepeda brompton juga memiliki 4 jenis tipe stang. Masing-masing S Type, M Type, H Type, P Type. 


Stang S Type

Pada stang S Type memiliki kedudukan stang paling rendah dengan desain stang yang datar. Memakai tipe stang ini terkesan lebih sporty dan aerodinamis karena badan akan sedikit condong ke depan mengurangi hambatan angin. Ketinggian stang dari muka tanah sekitar 92,5 cm. 

Stang M Type 

Stang M Type memiliki posisi stang yang lebih tinggi dibandingkan dengan stang tipe S. Ketinggian dari permukaan tanah sekitar 101,5 cm. Ini menawarkan bersepeda yang efisien dan nyaman karena pesepeda duduk dalam posisi tegak. Bentuk stang memiliki desain klasik cocok untuk pengendara city bike karena memberikan bidang pandang yang lebih baik.Pada stang Type M ada ruang yang lebih lega untuk menempatkan bagasi depan. 

Stang H Type

Stang ini memiliki desain klasik layaknya M Type hanya saja stang ini memiliki ukuran paling tinggi. Panjangnya sekitar 59 cm, sehingga ketinggian tangan pesepeda saat memegang stang ini dari muka tanah sekitar 107,5 cm. Memakai posisi stang ini badan akan tegak sehingga nyaman sekali bersepeda. Cocok untuk bersepeda santai di kota ataupun bersepeda santai jarak jauh di jalan beraspal. 

Stang P Type

Stang tipe-P menawarkan dua posisi pegangan. Satu lebih tinggi dari tipe-M untuk berkendara. Satu posisi lainnya lebih rendah dari stang tipe-S untuk handrest (istirahat). Stang tipe P ini memang dirancang bagi yang suka touring karena bisa mengubah posisi tangan dari berkendara ke handrest sehingga membuat perjalanan jauh lebih nyaman.

Harga

Untuk harga Sepeda Lipat Brompton bervariasi. Di toko-toko online di Indonesia harganya sampai Rp 37 juta untuk tipe Brompton M6R. Sedangkan harga Juni 2021 di laman resminya harga sepeda lipat Brompton berkisar 2,070 poundsterling hingga 3,200 pounsterling tergantung tipenya. Itu belum termasuk biaya cukai dan pajak. Selain sepeda lipat, Brompton juga mengeluarkan produk sepeda lipat elektrik.

2. Sepeda Lipat Dahon

Dahon merupakan salah satu produsen sepeda lipat dengan pangsa pasar yang cukup luas di dunia. Perusahaan ini berdiri tahun 1982 oleh David T. Hon yang merupakan, mantan fisikawan laser. Kantor pusat Dahon berada di  Los Angeles, California. Namun demikian perusahaan ini memiliki pabrik perakitan di beberapa negara seperti Cina, Makau, dan Bulgaria.

Sepeda Lipat Dahon SUV D6


Rangka sepeda Dahon biasanya berbahan Daloy maupun baja dengan desain kuat namun tetap ringan. Beberapa jenis sepeda ini memiliki ukuran roda 16 inchi maupun 20 inchi. Sebagian besar sepeda Dahon memiliki engsel tunggal dengan stang yang mampu dilipat ke bawah. Sedangkan engsel rangka bisa diayun ke kiri. Saat dilipat stang akan berada di dalam.

Ada banyak tipe sepeda Dahon di pasaran. Pembeli bisa memilih sepeda yang sesuai dengan fungsinya. Semisal menginkan kecepatan dan fleksibilitas maka bisa memilih sepeda Dahon MU D11 yang memiliki 11 speed memungkinkan sepeda ini ngebut di jalanan. Sepeda ini juga memiliki berat yang cukup ringan 23 lbs (sekitar 10,5 kg). 

Sedangkan bagi masyarakat urban untuk menjawab kebutuhan sepeda yang gesit dan ringkas, serta praktis dalam melipat bisa memilih Dahon SUV D6. Sepeda Dahon SUV D6 ini memiliki roda yang kompak dan frame yang bisa dilipat dengan cepat, dalam hitungan detik. Sepeda ini juga cocok untuk yang memiliki postur tubuh tinggi.  Frame Dahon SUV D6 berbahan Hi-Teen Steel dengan SD Latch Design. Dengan 6 kecepatan memiliki performa yang seimbang dan stabil. 

Untuk harga pada kisaran 599 dolar Amerika semisal untuk jenis Dahon SUV D6  hingga 1.349 dolar Amerika untuk tipe Dahon MU D11. Itu belum termasuk cukai dan pajak.

Selain memproduksi sepeda lipat, produsen Dahon juga mengeluarkan sepeda lipat elektrik

3. Sepeda Lipat Hummingbird 

Hummingbird Bike merupakan produsen sepeda lipat hand made berbobot ringan, sebagaimana filosofi burung kolibri (Hummingbird) yang gesit dan ringan. Produsen yang berlokasi di Banbury, Inggris ini bahkan mempersilahkan bagi konsumennya bila menginginkan test ride di London guna membuktikan kualitas sepeda ini. 

Sepeda Lipat Hummingbird

Kelebihan sepeda lipat Hummingbird adalah sangat ringan. Memakai rangka berbahan komposit serat karbon membuat sepeda itu ringan dan kokoh.  Sebagai contoh sepeda Hummingbird dengan sistem gear kecepatan tunggal memiliki berat 6,9 kg menjadikan Hummingbird sebagai sepeda lipat karbon paling ringan. Kelebihan lainnya adalah kemudahan melipat sepeda tersebut. Mereka menyebut hanya butuh waktu lima detik untuk melipat sepeda itu. 

Sepeda Hummingbird meluncurkan beberapa varian sepeda lipat. Namun secara umum dibagi menjadi tiga jenis. Yaitu Hummingbird Single Speed, Hummingbird Multispeed dan Hummingbird Elektrik (sepeda listrik Hummingbird). Selain itu juga meluncurkan sepeda lipat dengan produksi terbatas (limited edition).

Harga sepeda Lipat Hummingbird Single Speed di laman resminya dipatok 3,495 Euro (Sekitar Rp 60,9 juta), Multi Speed 3,745 Euro (sekitar Rp 65,3 juta) sedangkan yang elektrik sebesar 4,495 Euro (sekitar Rp 78,4 juta)

4. Sepeda Lipat Tern

Tern berdiri sejak tahun 2011 merupakan produsen sepeda lipat maupun sepeda lipat elektrik.  Nama Tern terinspirasi dari nama burung Tern. Salah satu spesies burung yang kecil, ringan dan mampu berimigrasi sangat jauh. 

Tern Verge

Produk sepeda lipat Tern ini banyak variannya. Namun secara garis besar dibagi menjadi tiga tipe yaitu single speed, multi speed dan elektrik. Varian sepeda lipat Tern yang beragam untuk menjawab kebutuhan penghobi sepeda. Baik hanya sekadar menikmati hobi bersepeda, menikmati suasana kota dengan santai, berbelanja, bike to work atau para pesepeda yang menginginkan kecepatan namun juga kenyamanan. Beberapa seri sepeda lipat Tern ini antara lain Node, Link, Ecslipse, Verge dan BYB. 

BACA JUGA: Pilih Sepeda Lipat atau MTB, Ini Kelebihan masing-masing

Semisal sepeda lipat Tern Node dirancang dengan ukuran roda  24 inchi. Kemungkinan untuk memberikan rasa bersepeda ukuran penuh saat mengayuh, namun masih bisa dilipat dengan praktis untuk memudahkan penyimpanan. Dengan roda berukuran 24 inchi ini bisa mengakomodasi pesepeda yang memiliki badan tinggi. Selain itu Tern Node juga memiliki rangka yang kokoh sehingga bisa dinaiki pesepeda dengan bobot 115 kg. Saat ini ada dua varian Tern Node yaitu Tern Node D71 dengan gigi internal tujuh speed dan Tern Node D8 dengan delapan speed.

Bagi pesepeda yang menginginkan bersepeda ngebut namun masih ramah dipakai untuk mendaki perbukitan, Tern juga mengeluarkan tipe Tern Verge. Ada dua jenis tipe ini yaitu Tern Verge S8I dengan delapan percepatan maupun Verge X11 dengan 11 speed.  Harga Sepeda Lipat Tern bervariasi tergantung jenisnya. Semisal  1,009 Dolar Amerika untuk tipe Node dan 2,699 dolar untuk tipe Verge. 

5. Airnimal

Airnimal merupakan produsen sepeda dari Inggris. Desain maupun produksinya dilakukan di Cambridge. Sebagian besar rangka untuk sepeda ini berbahan aloy (Kaloy) yang ringan namun tangguh. Airnimal mengeluarkan beberapa varian sepeda yang berfungsi untuk city bike, road bike maupun sepeda gunung bahkan off road.

Airnimal Chameleon

Sepeda ini memiliki dua sistem pelipatan. Pelipatan pertama membutuhkan waktu sekitar 30 detik sehingga bisa dibawa bepergian menggunakan mobil, bus maupun kereta api. Dan yang kedua membutuhkan waktu beberapa menit untuk proses pengepakan jika ingin di bawa menggunakan pesawat terbang.

Semisal pada sepeda Airnimal JOEY atau JOEY S. Sepeda jenis ini bisa dipakai untuk keseharian seperti bike to work, ataupun berpetualang menikmati suasana santai perkotaan. Memakai sistem gigi derailleur Shimano 9 kecepatan sepeda Airnimal JOEY juga ramah untuk dipakai pada jalur menanjak. 

Bagi pecinta roadbike, Airnimal juga mengeluarkan seri Airnimal Chameleon. Menggunakan stang sepeda balap membuat posisi duduk lebih aerodinamis. Memiliki 2x10 groupset menjadikan sepeda lipat ini memiliki 20 speed. Cocok untuk melibas di jalan raya namun masih ramah di tanjakan.

Bagi pecinta offroad  Airnimal juga menghadirkan Airnimal Rhino. Sepeda ini menggunakan rangka yang kuat dan rida BMX serta full suspensi memungkinkan untuk melintas ogg road maupun on road. Harga sepeda Airnimal mulai 1399 Euro  (*)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pilih Sepeda Lipat atau MTB, Ini Kelebihan Masing-masing

URBANSPORTI - Belakangan ini ragam sepeda kian banyak. Berevolusi sedemikian rupa. Banyak pabrikan berlomba-lomba menciptakan sepeda yang dinilai nyaman bagi penggunanya. Maka tidak elok bila menyebut jenis sepeda terbaik untuk olahraga bersepeda. Yang ada adalah jenis sepeda yang cocok dengan kita, sesuai dengan kebutuhan medan dan fungsinya. Maka membeli sepeda boleh pilih-pilih agar pas. Ada banyak jenis sepeda, berikut urbansporti menyajikan dua diantaranya. Sepeda lipat dan sepeda gunung. 1. Sepeda Lipat (Folding Bike) Sepeda lipat, sebagai mana namanya, memang didesain untuk bisa dilipat. Ada titik sumbu pada frame yang memungkinkan sepeda ini dilipat. Cukup kendurkan tuasnya lalu lipat. Ini membuat sepeda lipat irit ruang penyimpanan. Artinya tidak memakan ruang saat menyimpan di rumah maupun di tempat kerja. Bisa disimpan di bawah meja, almari, di bawah tangga atau di bawah meja kerja. Selain itu, setelah dilipat bisa dimasukan ke dalam bagasi mobil. Ini membuat sepeda lipat be

Menu Latihan Olahraga Bersepeda bagi Pemula

URBANSPORTI - Olahraga bersepeda boleh dibilang sederhana. Bila dilakukan secara rutin akan kuat dan mahir dengan sendirinya. Namun olahraga bersepeda pun banyak ragamnya. Tergantung kebutuhan dan medan yang dilalui. Ini yang menjadikan banyak ragam olahraga bersepeda. Dari sisi ini olahraga bersepeda tidak lagi sederhana. Untuk itu penghobi bersepeda biasanya membentuk komunitas. Ini agar mereka bisa saling bertukar informasi tentang jenis sepeda, spare part dan tips bersepeda. Selain itu bisa gowes ramai-ramai. Berikut urbansporti menyajikan beberapa menu latihan bagi penghobi olahraga bersepeda jarak jauh. Secara garis besar latihan bersepeda untuk melatih tiga hal. Meliputi latihan nggocek atau kecepatan kayuh (speed), latihan kekuatan kayuh (force) dan latihan daya tahan (endurance). Dan satu lagi latihan keseimbangan untuk medan yang off road seperti all mountain dan downhill. 1. Latihan Kecepatan Kayuh (speed) Tidak semua orang yang memulai olahraga bersepeda, sebel

Bersepeda Jarak Jauh, Cukup Setel Gear di Posisi Nyaman

Orang yang baru memulai hobi olah raga sepeda biasanya akan dihadapkan pada beberapa pertanyaan. Salah satunya adalah untuk bersepeda jarak jauh enaknya pakai gear di posisi besar atau di posisi kecil?. Tentu pertanyaan ini untuk sepeda dengan gear berjenis multi gear ataupun single chairning dengan multi sprocket (cassettes). Seperti diketahui gear sepeda terdiri dari chairning (depan) dan sprocket (belakang) yang  dihubungkan dengan rantai. Sebagian sepeda dibantu dengan perangkat derailleur dan shifter untuk memindahkan gigi. Pada sepeda multi gear, jika chairning disetel pada gigi besar maka kekuatan kayuh (force) yang dibutuhkan lebih besar. Namun laju sepeda lebih kencang.  Sebaliknya bila sprocket diset pada posisi lebih besar, maka butuh kekuatan atau daya dorong kaki yang lebih kecil namun laju sepeda lebih lambat. Dan sebaliknya. Ada beragam kemungkinan kombinasi pemakaian gear pada sepeda. Tergantung jumlah chairning dan sprocket. Ada istilah 3x7, 3x9, 2x10 dan s