Langsung ke konten utama

Pilih Sepeda Lipat atau MTB, Ini Kelebihan Masing-masing







URBANSPORTI - Belakangan ini ragam sepeda kian banyak. Berevolusi sedemikian rupa. Banyak pabrikan berlomba-lomba menciptakan sepeda yang dinilai nyaman bagi penggunanya. Maka tidak elok bila menyebut jenis sepeda terbaik untuk olahraga bersepeda. Yang ada adalah jenis sepeda yang cocok dengan kita, sesuai dengan kebutuhan medan dan fungsinya. Maka membeli sepeda boleh pilih-pilih agar pas. Ada banyak jenis sepeda, berikut urbansporti menyajikan dua diantaranya. Sepeda lipat dan sepeda gunung.



1. Sepeda Lipat (Folding Bike)

Sepeda lipat, sebagai mana namanya, memang didesain untuk bisa dilipat. Ada titik sumbu pada frame yang memungkinkan sepeda ini dilipat. Cukup kendurkan tuasnya lalu lipat. Ini membuat sepeda lipat irit ruang penyimpanan. Artinya tidak memakan ruang saat menyimpan di rumah maupun di tempat kerja. Bisa disimpan di bawah meja, almari, di bawah tangga atau di bawah meja kerja. Selain itu, setelah dilipat bisa dimasukan ke dalam bagasi mobil. Ini membuat sepeda lipat benar-benar portable. 

Bandingkan dengan sepeda jenis lainnya, semisal MTB atau Road Bike. Meskipun pada bagian roda ada tuas untuk mencopot roda namun bila disimpan masih memakan ruang yang lebih luas dibandingkan sepeda lipat.


Dengan desain yang portable, sepeda lipat bisa dibawa saat rekreasi. Semisal di pantai maupun pegunungan. Yahh menikmati alam sembari bersepeda untuk jarak pendek.

Sepeda lipat ini memang didesain untuk masyarakat urban. Butuh jalan mulus agar dikendarai nyaman. Dengan desain gear berupa gear depan tunggal (single chairning) dan gear belakang banyak (cassetes) sepeda lipat sangat ramah untuk jalan menanjak. Apalagi ukuran bannya kecil dengan diameter rodanya juga kecil lebih ringan kala dikayuh saat menanjak. Tentu ringan tidaknya bersepeda saat menanjak ada faktor gear set pada sepeda tersebut. Hanya saja dengan ukuran gear set yang sama sepeda lipat tetap nyaman untuk rute menanjak.

Posisi duduk lebih tegak dibandingkan dengan sepeda MTB maupun Road Bike, membuat sepeda lipat didesain untuk bersepeda dengan nyaman. Posisi duduk yang tegak ini juga memungkinkan bagi pesepeda lipat untuk bersepeda jarak jauh.

Apakah sepeda lipat bisa dipakai untuk ngebut?, ya bisa, cuma sesekali. Desain sepeda ini bukan didesain aerodinamis sebagaimana sepeda roadbike. Sepeda lipat lebih mengedepankan bersepeda nyaman dan daya tahan. 

2. Sepeda Gunung (MTB)

Sebagaimana namanya sepeda ini memang didesain untuk melibas jalan pegunungan. Sebagian jenis sepeda MTB masih ramah untuk jalan datar. Medan pegunungan yang beragam mulai dari yang tanjakan ringan hingga tanjakan terjal, jalan relatif halus hingga medan berbatu, membuat sepeda gunung pun banyak jenisnya. Bentuk rangka, roda dan suspensinya juga beragam tergantung kebutuhan medan. Sepeda MTB juga memiliki roda yang besar untuk mencengkram kuat pada medan tanah maupun bebatuan.

Dilansir dari beberapa sumber, ini beberapa jenis sepeda gunung;


a. Sepeda MTB Hardtail

Sepeda gunung jenis ini ada yang tidak memiliki suspensi. Biasanya disebut sepeda MTB dengan frame rigid. Namun ada juga yang sudah memiliki suspensi namun sebatas pada fork depan. Ini berfungsi untuk melintas di medan yang tidak ekstrem. Jalan berbatu ringan tidak perlu lompatan. Sepeda ini cocok untuk jalur menanjak dengan medan tanah maupun berbatu yang relatif halus.

Beberapa sepeda MTB hardtail juga dilengkapi dengan frame (rangka) yang ringan untuk melintas lebih cepat. Sepeda jenis crosscountry  (xc race) masuk dalam kategori sepeda hard tail. 

b. Sepeda MTB Softtail

Sepeda gunung jenis ini sudah ada suspensi pada bagian rangka belakang. Fungsi suspensi pada rangka ini untuk meredam kejutan saat melibas jalur off road ataupun saat melompat. Medan yang dilalui berupa jalan offroad hingga kesulitan sedang.

c. Sepeda MTB Full Suspensi


Sepeda ini sudah full suspensi. Ada suspensi pada fork depan dan suspensi pada bagian tengah. Suspensi ini meredam kejutan saat melibas medan offroad dengan tingkat sedang, berat hingga ekstrem. Sekadar catatan sepeda Downhill, All Mountain (enduro) maupun Trail sudah menggunakan full suspensi. (eb utomo)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bersepeda Jarak Jauh, Cukup Setel Gear di Posisi Nyaman

Orang yang baru memulai hobi olah raga sepeda biasanya akan dihadapkan pada beberapa pertanyaan. Salah satunya adalah untuk bersepeda jarak jauh enaknya pakai gear di posisi besar atau di posisi kecil?. Tentu pertanyaan ini untuk sepeda dengan gear berjenis multi gear ataupun single chairning dengan multi sprocket (cassettes). Seperti diketahui gear sepeda terdiri dari chairning (depan) dan sprocket (belakang) yang  dihubungkan dengan rantai. Sebagian sepeda dibantu dengan perangkat derailleur dan shifter untuk memindahkan gigi. Pada sepeda multi gear, jika chairning disetel pada gigi besar maka kekuatan kayuh (force) yang dibutuhkan lebih besar. Namun laju sepeda lebih kencang.  Sebaliknya bila sprocket diset pada posisi lebih besar, maka butuh kekuatan atau daya dorong kaki yang lebih kecil namun laju sepeda lebih lambat. Dan sebaliknya. Ada beragam kemungkinan kombinasi pemakaian gear pada sepeda. Tergantung jumlah chairning dan sprocket. Ada istilah 3x7, 3x9, 2x10 dan s

Mengenal 5 Merk Sepeda Lipat Berkualitas di Dunia

Sepeda Lipat ( folding bike ). (Foto: andrea piacquadio dari Pexels) URBANSPORTI-Sepeda lipat (folding bike) sejatinya didesain untuk menjawab kebutuhan masyarakat urban. Dimana hunian kian terbatas yang memungkinkan dengan melipat sepeda menjadikan penyimpanan lebih praktis. Melipat sepeda maka bisa mengurangi volume penyimpanan dari setengah hingga nyaris sepertiganya. Dengan begitu akan lebih mudah saat menyimpan di dalam almari, di bawah meja kerja atapun membawanya masuk dalam lift bagi yang tinggal di apartemen. Sistem pelipatan juga akan memudahkan saat mengangkut dengan kendaraan seperti bus, kereta api ataupun mobil. Sebagai hobi dan gaya hidup, sepeda lipat tidak hanya mengedepankan fungsinya saja, namun juga prestise dan kenyamanan.  Sejumlah produsen sepeda lipat pun banyak menyajikan sepeda lipat dengan desain yang bagus, simpel dan menarik serta menggunakan bahan terbaik, kuat, nyaman dipakai dan berbobot makin ringan. Ini menjadikan beberapa sepeda lipat berharga selangi