Langsung ke konten utama

Kenali Macam dan Manfaat Yoga



URBANSPORTI-Beragam pilihan olahraga yang bisa orang-orang lakukan. Entah itu berolahraga dalam ruangan ataupun di luar ruangan. Bagi sebagian wanita mungkin berolahraga susah dikerjakan, terlebih bagi yang sudah menikah dan memiliki pekerjaan. Namun itu bukanlah menjadi alasan untuk tidak berolahraga. Cobalah yoga, siapa tahu menyenangkan dan bisa kontinyu.

Yoga bisa juga disebut sebagai olahraga. Yoga menggabungkan meditasi dengan teknik peregangan, kelenturan, pernafasan dan juga keseimbangan. Fungsi yoga adalah untuk menyimbangkan emosi, mental, spiritualitas pada tubuh. Untuk bisa melakukan yoga perlu mentor yang tepat. Selanjutnya bila sudah mengenal dasar-dasarnya maka bisa dilanjutkan di rumah.  Bagi yang ingin mencoba olahraga yoga, kenali terlebih dahulu jenis-jenis yoga berikut:

Jenis-Jenis  Yoga

Yoga sudah ada sejak zaman dulu dan menjadi olahraga yang sampai sekarang terus berkembang. Yoga pada zaman sekarang sudah dipengaruhi dengan berbagai macam budaya. Setidaknya ada enam jenis olahraga yoga yang umum dilakukan yaitu :

1. Yoga Hatha



Olahraga yoga hatha adalah olahraga yang fokus pada fisik dibandingkan dengan aspek mental. Yoga hatha juga memiliki beberapa kelas yang teridiri dari kelas pengantar, postur dasar yoga dan juga teknik pernafasan.

2. Yoga Ashtanga



Bagi para pemula dan yang memiliki tipe otot badan yang lemah sangat tidak disarankan untuk melakukan olahraga ini. Karena pada yoga ashtanga ini memiliki 6 postur yoga yang cukup kuat dan menantang. 

BACA JUGA : 

Mengenal 5 Merk Sepeda Lipat Berkualitas di Dunia

Dan pada saat yoga ini dilakukan, maka keenam postur tersebut dilakukan tanpa henti sehingga cukup berisiko untuk pemula.

3. Yoga Power



Yoga ini merupakan yoga tradisional yang sudah ada sejak tahun 1980an. Yoga ini tipe yoga yang dinamis dan cukup menantang. Bagi para pemula bisa melakukan yoga ini, namun disarankan untuk melakukan yoga bersama pendamping yoga.

4. Yoga Bikram

Jenis yoga yang satu ini cukup unik, karena pada saat melakukan yoga ini harus berada di ruangan yang memiliki suhu 40,6 derajat dan kelembaban ruangan hingga 40%. Yoga ini juga memiliki 26 gerakan dan juga dua rangkaian pernafasan.

5. Yoga Iyengar



Olahraga yoga ini adalah jenis yoga yang bertujuan untuk membentuk postur badan, sehingga dalam melakukan yoga ini ini menggunakan selimut, tali, bantalan dan kursi untuk lebih mudah dalam membentuk postur badan.

6. Yoga Kundalini

Kundalini berasal dari bahasa yunani yang memiliki arti yaitu gulungan, menyerupai gerakan ular yang fleksibel. Gerakan pada yoga ini mengkombinasikan beberapa gerakan yang ada seperti gerakan meditasi dan juga nyanyian yang bertujuan untuk membangkitkan tenaga dalam tubuh yang berada di bawah tulang belakang.

Manfaat Yoga Bagi Kesehatan Tubuh

Dari keenam jenis yoga di atas, mana yang sesuai dengan kebutuhan kamu dan sesuai dengan kondisi tubuh kamu?



Karena pada dasarnya setiap yoga memiliki manfaat yang berbeda-beda, namun secara umum ini beberapa manfaat umum yoga. 

1. Mengurangi Stres

Rajin berolahraga dapat membantu mengurangi rasa stres pada seseorang, tidak terkecuali olahraga yoga. Berdasarkan dari penelitian mengatakan bahwa melakukan yoga secara rutin dapat mengurangi rasa stres, depresi dan rasa gelisah. 

Yoga juga dapat membantu mengembalikan mood. Bagi orang dewasa yang memiliki tantrum,  yoga sangat disarankan karena dapat membantu menghilangkan tantrum tersebut,

2. Mengurangi Berat Badan



Banyak yang percaya yoga dapat membantu menurunkan berat badan. Dan karena manfaatnya ini, tidak heran apabila banyak sekali wanita yang mengikuti kelas yoga demi menjaga berat badan mereka. 

3. Membantu Mengatasi Masalah Kesehatan 

Bagi yang memiliki riwayat penyakit jantung, tentunya harus bisa menjaga kesehatan dengan baik. Makan makanan yang sehat dan bergizi harus selalu diterapkan, selain itu olahraga juga sangat diperlukan. Yoga adalah jenis olahraga yang sangat cocok untuk penderita penyakit jantung. Karena gerakan-gerakan pada yoga dinilai dapat meningkatkan kesehatan jantung.

4. Membantu Menyembuhkan Masalah Asma



Bagi penderita asma tentunya sangat merasa tidak nyaman ketika penyakit asma mulai kambuh.Yoga dinilai bisa membantu menyembuhkan asma . Karena gerakan-gerakan pada olahraga yoga dapat meringankan gejala asma.

5. Meningkatkan Kebugaran

Selain dapat mengurangi stres, ternyata yoga juga dapat meningkatkan kebugaran tubuh. Tidak hanya itu, gerakan yoga juga dapat membantu kita dalam membentuk postur tubuh, meningkatkan kelenturan dan juga kekuatan tubuh. 



Itulah beberapa macam yoga beserta manfaatnya. Jika ingin melakukan olahraga yoga bisa sendiri di rumah ataupun mengikuti kelas yoga. Namun jika untuk pemula yang baru memiliki minat terhadap yoga, bisa mengikuti kelas yoga bersama instruktur. Karena apabila melakukan yoga bersama dengan ahlinya,  akan terhindar dari cedera pada tubuh. (alifia furaida salsabila)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pilih Sepeda Lipat atau MTB, Ini Kelebihan Masing-masing

URBANSPORTI - Belakangan ini ragam sepeda kian banyak. Berevolusi sedemikian rupa. Banyak pabrikan berlomba-lomba menciptakan sepeda yang dinilai nyaman bagi penggunanya. Maka tidak elok bila menyebut jenis sepeda terbaik untuk olahraga bersepeda. Yang ada adalah jenis sepeda yang cocok dengan kita, sesuai dengan kebutuhan medan dan fungsinya. Maka membeli sepeda boleh pilih-pilih agar pas. Ada banyak jenis sepeda, berikut urbansporti menyajikan dua diantaranya. Sepeda lipat dan sepeda gunung. 1. Sepeda Lipat (Folding Bike) Sepeda lipat, sebagai mana namanya, memang didesain untuk bisa dilipat. Ada titik sumbu pada frame yang memungkinkan sepeda ini dilipat. Cukup kendurkan tuasnya lalu lipat. Ini membuat sepeda lipat irit ruang penyimpanan. Artinya tidak memakan ruang saat menyimpan di rumah maupun di tempat kerja. Bisa disimpan di bawah meja, almari, di bawah tangga atau di bawah meja kerja. Selain itu, setelah dilipat bisa dimasukan ke dalam bagasi mobil. Ini membuat sepeda lipat be

Menu Latihan Olahraga Bersepeda bagi Pemula

URBANSPORTI - Olahraga bersepeda boleh dibilang sederhana. Bila dilakukan secara rutin akan kuat dan mahir dengan sendirinya. Namun olahraga bersepeda pun banyak ragamnya. Tergantung kebutuhan dan medan yang dilalui. Ini yang menjadikan banyak ragam olahraga bersepeda. Dari sisi ini olahraga bersepeda tidak lagi sederhana. Untuk itu penghobi bersepeda biasanya membentuk komunitas. Ini agar mereka bisa saling bertukar informasi tentang jenis sepeda, spare part dan tips bersepeda. Selain itu bisa gowes ramai-ramai. Berikut urbansporti menyajikan beberapa menu latihan bagi penghobi olahraga bersepeda jarak jauh. Secara garis besar latihan bersepeda untuk melatih tiga hal. Meliputi latihan nggocek atau kecepatan kayuh (speed), latihan kekuatan kayuh (force) dan latihan daya tahan (endurance). Dan satu lagi latihan keseimbangan untuk medan yang off road seperti all mountain dan downhill. 1. Latihan Kecepatan Kayuh (speed) Tidak semua orang yang memulai olahraga bersepeda, sebel

Bersepeda Jarak Jauh, Cukup Setel Gear di Posisi Nyaman

Orang yang baru memulai hobi olah raga sepeda biasanya akan dihadapkan pada beberapa pertanyaan. Salah satunya adalah untuk bersepeda jarak jauh enaknya pakai gear di posisi besar atau di posisi kecil?. Tentu pertanyaan ini untuk sepeda dengan gear berjenis multi gear ataupun single chairning dengan multi sprocket (cassettes). Seperti diketahui gear sepeda terdiri dari chairning (depan) dan sprocket (belakang) yang  dihubungkan dengan rantai. Sebagian sepeda dibantu dengan perangkat derailleur dan shifter untuk memindahkan gigi. Pada sepeda multi gear, jika chairning disetel pada gigi besar maka kekuatan kayuh (force) yang dibutuhkan lebih besar. Namun laju sepeda lebih kencang.  Sebaliknya bila sprocket diset pada posisi lebih besar, maka butuh kekuatan atau daya dorong kaki yang lebih kecil namun laju sepeda lebih lambat. Dan sebaliknya. Ada beragam kemungkinan kombinasi pemakaian gear pada sepeda. Tergantung jumlah chairning dan sprocket. Ada istilah 3x7, 3x9, 2x10 dan s